PEMBENIHAN IKAN NILEM (Osteochilus hasselti) MELALUI TEHNIK PENYUNTIKAN (Induce breeding)

Ditulis pada Kamis, 14 Mei 2020 oleh: Admin

          Pemijahan ikan nilem diawali dengan mempersiapkan bak yang akan digunakan untuk pemijahan. Bak fiber dibersihkan terlebih dahulu, kemudian mengisi air kurang lebih sampai ketinggian 40 cm dan memasang aerasi. Dilanjutkan memasang happa di bak pemijahan yang berguna untuk memudahkan pengambilan induk saat akan dilakukan penyuntikan ke II.

          Seleksi induk matang gonad dilakukan setelah persiapan bak pemijahan selesai. Memilih induk betina matang gonad ditandai dengan apabila diraba perut akan terasa lebih lunak dan lembek serta perut akan membesar ke arah anus. Untuk induk jantan matang gonad apabila di stripping akan mengeluarkan cairan sperma berwarna putih susu. Masing-masing induk kemudian ditimbang dengan perbandingan berat jantan : betina kurang lebih 1:1, dan memasukkan induk jantan dan betina di tempat yang berbeda untuk mengistirahatkan sebelum dilakukan penyuntikan .

          Penyuntikan diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk penyuntikan, diantaranya cairan akuabides, cairan hormon, cairan alkohol, spuit suntik, botol pencampur, tissue dan kain tile. Dosis penyuntikan yang digunakan untuk induk betina 0,5 ml larutan hormon/kg, sedangkan untuk induk jantan  0,4 ml larutan hormon/kg. Penyuntikan induk betina dilakukan 2 tahap. Tahap I dengan cara melakukan penyuntikan induk betina dengan dosis 1/3 dari dosis seluruhnya, kemudian selang waktu 6 jam berikutnya dilakukan penyuntikan tahap II dengan dosis 2/3 dari dosis seluruhnya. Tehnik penyuntikan dilakukan dengan cara memasukkan jarum spuit suntik dengan kemiringan 45° dan kedalaman jarum kurang lebih 1 cm. Setelah itu pemijahan akan berlangsung sekitar 8-10 jam setelah penyuntikan tahap II.    (Atiek Nafiah -BIB DISNAKAN 2020)

https://youtu.be/3zBGtYI49jo

Cetak: Kategori: INFO DISNAKAN
Bagikan:

BETERNAK ITIK

      Itik atau biasa disebut bebek berasal dari Amerika Utara d

SAPTA USAHA AYAM BURAS ( Bagian 2)

BETERNAK AYAM BURAS (BAGIAN 2) 4. KESEHATAN PENYAKIT Hal yang tak kalah pe



Disnakan Kabupaten Temanggung
Jl. Suyoto Nomor 7 Temanggung 56216 Telepon 0293 491990 Faximili 0293 491990
Copyright © 2022