PAKAN IKAN YANG TEPAT

Ditulis pada Selasa, 03 Mar 2020 oleh: Admin

Pakan ikan merupakan salah satu komponen penentu keberhasilan dalam budidaya ikan. Berdasarkan sumbernya, pakan ikan dibagi menjadi 3 golongan, yaitu :

  1. Pakan Alami         : merupakan pakan yang disediakan alam dan sudah tersedia didalam kolam, contohnya adalah plankton, baik fito plankton maupun zooplankton, berbagai tumbuhan air (azola, lumut, ganggang, dll) dan binatang air (moina, daphnia, dll).
  2. Pakan Tambahan : merupakan pakan yang ditambahkan dari luar kolam, misalnya daun-daunan, limbah rumah tangga, limbah peternakan dsb.
  3. Pakan Buatan      : merupakan pakan yang disusun berdasarkan formulasi tertentu yang ditujukan untuk memperoleh pakan dengan  kandungan nutrisi dan harga sesuai yang dibutuhkan. 

Pada budidaya intensif, pakan alami dan pakan tambahan cenderung diabaikan, disebabkan karena ketersediaanya yang tidak dapat dipastikan. Pada budidaya semi infensif  pakan tambahan sering diberikan untuk mengurangi biaya operasional pembelian pakan buatan. Sedangkan pada budidaya intensif, pakan yang digunakan mutlak menggunakan pakan buatan, dengan cara ini waktu budidaya dapat dipersingkat, ukuran panen seragam dan cita rasa ikan yang dihasilkan memenuhi standar kebutuhan konsumsi.     

Pakan buatan yang biasanya merupakan pakan pabrikan disusun dari berbagai bahan baku yang ditujukan untuk memenuhi standar nutrisi tertentu. Kandungan utama dalam pakan buatan ini adalah protein, lemak dan karbohidrat. Tinggi rendahnya kandungan protein disesuaikan dengan ikan yang akan diberi pakan. Untuk ikan karnivora seperti Lele dibutuhkan pakan dengan kandungan protein minimal 30 %. Sedangkan untuk kan Nila dan Mas cukup dengan kandungan protein 23-25 % saja. Hal ini disebabkan karena ikan Nila dan Mas mempunyai pencernakan yang mampu mengurai karbohidrat, sedangkan ikan Lele tidak mampu.

Ukuran butiran pakan buatan juga bervariasi, mulai dari yang berbentuk tepung, pasta maupun butiran dengan berbagai ukuran. Hal ini disesuaikan dengan ikan yang akan diberi pakan, misalnya :

  • Pakan tepung  : diberikan pada larva ikan umur 1minggu – 1 bulan,
  • Pakan butiran 0,7; 0,8 mm : diberikan pada larva umur 1 – 2 bulan.
  • Pakan butiran 1 mm : diberikan pada benih ikan ukuran > 2 – 5 cm.
  • Pakan butiran 2 mm : diberkan pada benih ikan ukuran > 5 – 12 cm.
  • Pakan butiran 3 mm : diberikan pada tahap budidaya (pembesaran).
  • Pakan butiran 3 mm, 4 mm dan 5 mm digunakan untuk induk ikan.    

Djoko Susilo Hartono (DISNAKAN 2020)

Cetak: Kategori: TEMANGGUNG, INFO DISNAKAN
Bagikan:

BETERNAK ITIK

      Itik atau biasa disebut bebek berasal dari Amerika Utara d

SAPTA USAHA AYAM BURAS ( Bagian 2)

BETERNAK AYAM BURAS (BAGIAN 2) 4. KESEHATAN PENYAKIT Hal yang tak kalah pe



Disnakan Kabupaten Temanggung
Jl. Suyoto Nomor 7 Temanggung 56216 Telepon 0293 491990 Faximili 0293 491990
Copyright © 2021