CACING HATI (FASCIOLA HEPATICA)

Ditulis pada Senin, 17 Feb 2020 oleh: Admin

TEMANGGUNG - Pada tahun 2019, ditemukan 105 kasus fasciolosis dari total pemotongan 1.909 ekor sapi di RPH Temanggung. Apa itu fasciolosis? Fasciolosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit cacing trematoda Fasciola gigantica maupun Fasciola hepatica. Cacing tersebut menetap dalam saluran empedu serta menyebabkan kerusakan hati.

Fasciola sp. biasanya berkembang pada lingkungan yang basah, dengan siput Lymnaea rubiginosa sebagai inang perantara, telur cacing yang keluar bersama feses sapi menetas menjadi larva mirasidium, kemudian masuk ke tubuh siput menjadi sporokis dan bermetamorfosis menjadi redia, lalu keluar dari siput dan berenang mencari tanaman yang ada di pinggir perairan misalnya rumput, tanaman padi / tumbuhan air lainnya menjadi larva metasarkaria dan mampu bertahan lama. Apabila tumbuhan termakan oleh ternak, maka larva tersebut dapat menebus dinding usus, kemudian masuk ke dalam hati, lalu ke saluran empedu dan menjadi dewasa dalam beberapa bulan sampai bertelur.

Fasciolosis dapat disertai gejala klinis atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Gejala klinis yang dapat ditimbulkan pada ternak diantaranya lemah, lesu, tubuh kurus, nafsu makan menurun, perut membesar, diare, serta bulu kasar dan kusam.

Bagaimana cara mencegah fasciolosis? hindari pemberian pakan yang berasal dari sawah / perairan. Apabila terpaksa, pakan basah perlu dikeringkan / dijemur selama 2-3 hari di bawah sinar matahari, perlu untuk menjaga kebersihan kandang  secara rutin agar tidak menjadi tempat berkembangnya cacing Fasciola sp. Pemberian obat cacing dapat diberikan secara periodik minimal 2x dalam 1 tahun. Nadia- staf RPH (DISNAKAN - 2020 )

Cetak: Kategori: TEMANGGUNG, INFO DISNAKAN
Bagikan:

BETERNAK ITIK

      Itik atau biasa disebut bebek berasal dari Amerika Utara d

SAPTA USAHA AYAM BURAS ( Bagian 2)

BETERNAK AYAM BURAS (BAGIAN 2) 4. KESEHATAN PENYAKIT Hal yang tak kalah pe



Disnakan Kabupaten Temanggung
Jl. Suyoto Nomor 7 Temanggung 56216 Telepon 0293 491990 Faximili 0293 491990
Copyright © 2022