BENIH IKAN YANG BAIK

Ditulis pada Senin, 10 Feb 2020 oleh: Admin

TEMANGGUNG - Benih ikan merupakan salah satu komponen penentu keberhasilan dalam budidaya ikan. Oleh karena itu memilih benih yang baik dengan cara yang benar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh calon pembudidaya ikan.Ciri-ciri benih ikan yang baik : sehat, gerakan lincah,tidak cacat (sirip-sirip lengkap),warna tubuh cerah,tidak membawa penyakit/parasit dan responsif terhadap pakan.

Cara paling gampang melihat ikan yang sehat adalah dengan melihat arah berenang mereka. Ikan yang sehat akan berenang melawan arus, sehingga akan selalu berada pada bagian air masuk. Sebaliknya ikan yang tidak sehat / lemah akan berada pada bagian pembuangan air atau berdiam diri didasar bak.

Benih ikan yang berasal dari induk yang baru pertama kali memijah atau berasal dari induk-induk yang kecil, sebaiknya juga dihindari. Benih dari induk-induk tersebut biasanya pertumbuhannya lambat, angka kematian tinggi dan tidak dapat mencapai ukuran yang maksimal. Untuk itu selalu pilih benih ikan dari tempat pembenihan yang dapat diandalkan, misalnya telah memiliki sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) atau tempat pembenihan lain yang diyakini benar-benar memiliki induk unggul.

Ikan yang baru datang dan ditebar sebaiknya disterilkan dari parasit yang terbawa. Cara paling gampang adalah dengan memberikan garam krosok secukupnya pada kolam budidaya. Untuk ikan lele, pemberian garam dapat dilakukan dalam wadah tertentu misalnya ember besar selama 10- 15 menit. Untuk ikan lainnya cukup dengan ditaburkan  pada kolam budidaya dengan air masuk ditutup selama sekitar 15 menit, setelah itu air dialirkan secara normal.

Pemberian pakan pertama, sebaiknya dengan memperhatikan kondisi ikan. Apabila ikannya sehat, pemberian pakan dapat dilakukan beberapa  saat setelah ikan ditebar, dengan dosis sesuai dengan kebutuhan (sebatas habis atau tersisa sangat sedikit), usahakan dengan menambahkan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila ikan belum mau makan, yang dapat disebabkan karena stress, jenis pakan berbeda atau kondisinya yang memang kurang baik, pemberian pakan ditunda sampai hari berikutnya.

Untuk ikan lele yang sehat dan agresif, pakan diberikan langsung beberapa saat setelah ikan ditebar. Hal ini ditujukan untuk mencegah munculnya kanibalisme diantara sesama ikan lele. Perlu diingat, ikan lele sudah dipuasakan 1 hari sebelum dipanen/dipindah, oleh karena itu ikan sudah dalam kondisi sangat lapar. Ir Djoko - BBI (DISNAKAN-2020)

Dosis pakan yang tepat adalah sesuai kebutuhan. Beri pakan secara  merata dan bertahap. Tambah bila pakan habis, dan berhenti ketika pakan tersisa meskipun hanya sangat sedikit. Itulah dosis pakan yang tepat.   https://youtu.be/1Fufzq8Zn48 

Cetak: Kategori: INFO DISNAKAN
Bagikan:

BETERNAK ITIK

      Itik atau biasa disebut bebek berasal dari Amerika Utara d

SAPTA USAHA AYAM BURAS ( Bagian 2)

BETERNAK AYAM BURAS (BAGIAN 2) 4. KESEHATAN PENYAKIT Hal yang tak kalah pe



Disnakan Kabupaten Temanggung
Jl. Suyoto Nomor 7 Temanggung 56216 Telepon 0293 491990 Faximili 0293 491990
Copyright © 2022