USAHA SAPI PERAH DI KABUPATEN TEMANGGUNG, MENGGELIAT

Ditulis pada Rabu, 19 Feb 2020 oleh: Admin

TEMANGGUNG - Temanggung memiliki prospek pengembangan usaha sapi perah yang menjanjikan karena disamping permintaan akan susu sapi yang terus meningkat juga didukung oleh karakteristik yang cocok untuk usaha ternak sapi perah yaitu salah satunya iklim yang cocok untuk sapi perah berproduksi dan ketersediaan lahan hijau pakan yang cukup.

Salah satu kelompok ternak penghasil susu sapi di Kabupaten Temanggung adalah Kelompok Tani Ternak Sidomulyo, yang terletak di desa Gondangwayang Kecamatan Kedu . Kelompok ini terbentuk sejak tahun 1993 dan beranggotakan 15 orang. Jumlah populasi ternak sapi perah pada kelompok ini adalah 40 ekor (indukan dan pedet). Untuk kapasitas produksi susu rata - rata per hari  200 liter susu yang ditampung pada cooled container. Menurut Pak Noto , selaku Ketua Kelompok Tani Ternak Sidomulyo, usaha sapi perah tersebut telah banyak berperan dalam peningkatan perekonomian anggotanya. Kelompok tani ternaknya masih kewalahan dalam memenuhi permintaan susu yang terus meningkat baik dari dalam maupun luar Temanggung.

Pada tahun 2019 DISNAKAN Temanggung memberikan dukungan untuk pengembangan Kelompok Tani Ternak Sidomulyo melalui kegiatan Pelayanan Terpadu Hewan (Yanduwan) dan penanganan gangguan reproduksi (Gangrep). Kegiatan tersebut bertujuan untuk peningkatan produktivitas dan kesehatan sapi perah, sehingga diharapkan kedepan usahanya bisa maju dan berkembang.

Menurut Kepala DISNAKAN Ir. Slamet Saryono S.H, SP, MM , menghimbau kepada masyrakat untuk dapat meniru/ mengikuti jejak Kelompok Tani Ternak Sidomulyo,membudidayakan sapi perah karena permintaan susu sapi segar yang terus meningkat sejalan dengan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan bergizi. Harapannya dengan usaha ini dapat meningkatkan pendapatan/kesejahteraan masyarakat.

(drh.Kholid-staff PUSKESWAN/DISNAKAN 2020).

Cetak: Kategori: TEMANGGUNG, INFO DISNAKAN
Bagikan:

BETERNAK ITIK

      Itik atau biasa disebut bebek berasal dari Amerika Utara d

SAPTA USAHA AYAM BURAS ( Bagian 2)

BETERNAK AYAM BURAS (BAGIAN 2) 4. KESEHATAN PENYAKIT Hal yang tak kalah pe



Disnakan Kabupaten Temanggung
Jl. Suyoto Nomor 7 Temanggung 56216 Telepon 0293 491990 Faximili 0293 491990
Copyright © 2022