MENGENAL FLU BURUNG

Ditulis pada Rabu, 05 Feb 2020 oleh: Admin

TEMANGGUNG - Pada tahun 2003 merebak penyakit yang cukup menggegerkan dunia perunggasan kita yaitu penyakit Flu Burung atau Avian Influenza (AI). Penyakit Flu Burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang semua jenis unggas domestik termasuk ayam, bebek dan burung yang menyebabkan tingkat kematian yang sangat tinggi. Flu Burung adalah salah satu dari 15 penyakit hewan yang dapat ditularkan ke manusia ( zoonosis) yang diprioritaskan pengendaliannya oleh pemerintah.

Ciri utama Flu Burung adalah adanya kejadian kematian unggas yang mendadak dalam jumlah banyak. Misal pagi ayam kita sehat ketika sore mati atau sore sehat pagi sudah mati. Apa beda dengan penyakit ND (Newcatle Dieses) atau tetelo ? Pada penyakit ND atau tetelo menunjukan gejala sakit seperti ayam diare,tidak mau makan sebelum akhirnya mati. Jika menemukan bangkai ayam dengan ciri seperti jengger dan kaki kebiruan patut diwaspadai juga itu Flu Burung. Peneguhan diagnosa bisa dibantu dengan alat uji cepat antigen atau lewat pemeriksaan laboratorium. Dengan pendekatan partisipatif masyarakat kita bisa mengidentifikasi unggas tersebut. Ciri lain pada unggas air adalah adanya selaput putih yang menutup kedua matanya.

Apa yang dilakukan jika kita mengetahui unggas peliharaan kita atau tetangga terduga terjangkit penyakit Flu Burung? Segera melaporkan kepada Petugas kesehatan hewan setempat,petugas Puskeswan,  petugas PPL kecamatan, perangkat desa atau langsung menghubungi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung. Tindakan lain adalah membatasi peredaran unggas seperti tidak menjual ayam yang sekandang dengan ayam terduga AI. Segera mengubur ayam dan membakar bangkai ayam dan menyisakan satu ekor untuk diperiksa petugas. Dalam mengelola bangkai ayam kita harus melindungi diri kita dengan memakai masker dan sarung tangan dan melarang anak kecil atau orang yang sudah tua atau sakit mendekat ke lokasi. Tidak membuang bangkai ayam ke sungai. Segera melapor ke petugas kesehatan/Puskesmas jika mendapatkan anggota keluarga yang juga terkena flu berbarengan dengan unggas sakit.

Bagaimana pencegahan Flu burung? Penyakit Flu Burung dapat dicegah dengan vaksinasi. Pada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung menyediakan vaksin AI dan desinfektan secara gratis (selama persediaan masih ada). Penyemprotan kandang secara rutin dan mengandangkan unggas kita dan membatasi orang lain masuk kandang bisa sebagai upaya kita pencegahan terhadap Flu Burung. Mari kita sama-sama berantas flu burung.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung. Selalu cuci tangan dengan sabun jika sehabis dari kandang. (Deni Trias -BIB dan PUSKESWAN DISNAKAN 2020)

 

Cetak: Kategori: INFO DISNAKAN
Bagikan:

BETERNAK ITIK

      Itik atau biasa disebut bebek berasal dari Amerika Utara d

SAPTA USAHA AYAM BURAS ( Bagian 2)

BETERNAK AYAM BURAS (BAGIAN 2) 4. KESEHATAN PENYAKIT Hal yang tak kalah pe



Disnakan Kabupaten Temanggung
Jl. Suyoto Nomor 7 Temanggung 56216 Telepon 0293 491990 Faximili 0293 491990
Copyright © 2022