PANLEUKOPENIA KUCING

Ditulis pada Rabu, 26 Feb 2020 oleh: Admin

TEMANGGUNG - Panleukopenia virus  (bahasa inggris : Feline panleukopenia virus , disingkat FPV) adalah infeksi virus yang menyerang kucing, baik kucing liar maupun peliharaan. Penyakit ini disebabkan oleh parvovirus kucing yang merupakan kerabat dekat parvovirus anjing tipe 2 dan enteritis cepelai. Penyakit ini sangat menular dan dapat membunuh kucing yang terinfeksi. Nama “panleukopenia” mengacu pada rendahnya jumlah sel darah putih (leukosit) pada kucing yang terserang penyakit ini.

Virus ini masuk melalui mulut ataupun hidung dan menekan produksi sel darah putih di sumsum tulang sehingga seluruh sel darah putih berkurang. Disaluran usus virus ini menyebabkan ulcer yang memicu terjadinyan diare, dehidrasi dan infeksi bakteri.

Penyakit ini paling sering ditularkan melalui kontak langsung dengan kotoran atau urin kucing yang terinfeksi atau barang yang terkontaminasi urin. Virus ini juga ditularkan dari induk ke anak kucing selama kehamilan.

Gejala Panleukopenia antara lain demam, muntah, diare dan kejang. Masa inkubasi 4-5 hari. Timbulnya gejala panleukopenia sangat tiba-tiba dan kucing ditandai muntah, diare parah sampai berdarah dan dehidrasi .

Bagaimana jika kucing peliharaan kita terjangkit penyakit dengan ciri-ciri panleukopenia?

Segera bawa hewan anda ke dokter hewan terdekat. Segera pisah hewan yang sehat dan yang sakit dan melakukan desinfektansia di kandang dan rumah anda.

Pencegahan yang paling umum dilakukan adalah vaksinasi kucing secara berkala. Pengendaliannya adalah dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan tidak membiarkan hewan luar masuk ke rumah kita begitu pula hewan kita tidak keluar dari lingkungan tinggal kita.

Sayangi kucing pemiharaan kita dan lakukan vaksinasi secara teratur. BIB dan Puskeswan (DISNAKAN 2020)

Cetak: Kategori: TEMANGGUNG, INFO DISNAKAN
Bagikan:

BETERNAK ITIK

      Itik atau biasa disebut bebek berasal dari Amerika Utara d

SAPTA USAHA AYAM BURAS ( Bagian 2)

BETERNAK AYAM BURAS (BAGIAN 2) 4. KESEHATAN PENYAKIT Hal yang tak kalah pe



Disnakan Kabupaten Temanggung
Jl. Suyoto Nomor 7 Temanggung 56216 Telepon 0293 491990 Faximili 0293 491990
Copyright © 2022